Skip to main content

Cek Harga Sembako Nasional


Sembako merupakan kebutuhan pokok masyarakat yang sangat mempengaruhi ekonomi suatu negara. Kenaikan harga sembako sedikit saja akan mempengaruhi daya beli masyarakat. Apalagi untuk kalangan menengah kebawah akan sangat memberatkan mereka jika bahan pokok naik. 

Negara memang selalu berupaya agar masyarakat dapat membeli bahan pokok dengan harga yang terjangkau, namun banyak sekali faktor yang mempengaruhi bahan pokok naik mulai dari petani gagal panen, atau ada nya bencana alam yang mempengaruhi distribusi bahan pangan. Dan yang pasti setiap bulan akan ada saja bahan pokok naik atau turun. 

Salah satu contohnya seperti beras yang beberapa Minggu ini mengalami kenaikan harga. Dan kita sebagai masyarakat harus dapat memantau pergerakan harga pangan agar kita dapat mengatur uang belanja sehari-hari. Untuk mendapatkan update harga bahan pokok terbaru pemerintah melalui Badan Pangan Nasional meluncurkan sebuah aplikasi mobile yang bernama Panel Harga Pangan.


Panel Harga Pangan ini berfungsi untuk memberikan informasi tentang update harga bahan pokok terbaru untuk seluruh provinsi di Indonesia, walaupun secara di lapangan harga mungkin akan berbeda dengan harga yang tertera pada aplikasi mobile Panel Harga Pangan. Aplikasi mobile ini bisa kalian dapatkan dengan cara mendownload aplikasinya di Google PlayStore ya. 

Sebagai catatan saja Panel Harga Pangan ini hanya untuk menginformasikan update harga pangan saja mulai dari beras, minyak sayur dan bahan pokok lainnya. Bukan untuk mendapatkan bantuan sembako. 

Cara Cek Harga Bahan Pokok Nasional


Untuk menggunakan aplikasi Panel Harga Pangan ini caranya mudah banget, dan bagus nya kalian bisa cek harga pangan di daerah kalian masing-masing. Untuk petani juga bisa mendapatkan update harga gabah kering loh. Berikut cara lengkap untuk mengetahui update harga pangan nasional di aplikasi Panel Harga Pangan.
  • Buka aplikasi Panel Harga Pangan
  • Pilih Provinsi yang tertera pada Peta.
  • Pilih Komoditas seperti Harga Beras, Gabah Kering, Bawang Merah Dan Lainnya.
  • Selanjutnya akan muncul Harga pangan tertentu yang kita pilih sesuai dengan daerah kita.
  • Untuk cek historis harga pangan, kita klik menu Tabel
  • Kemudian Pilih menu Filter
  • Pilih Komoditas
  • Atur Range Tanggal, lalu klik Terapkan
  • Maka akan muncul daftar harga pangan yang kita pilih.
  • Dan untuk cek harga semua komoditas pangan, kalian bisa klik menu Komoditas

Nah, gimana mudah bukan untuk melakukan cek harga pangan nasional melalui aplikasi mobile Panel Harga Pangan. Namun, sebagai informasi saja, mungkin harga dilapangan akan berbeda dengan harga yang tertera pada panel harga pangan dari Badan Pangan Nasional ya. Itu saja yang dapat saya sampaikan.

Akhir Kata

Semoga informasi yang saya berikan bisa bermanfaat dan mudah dipahami. Jangan lupa untuk bantu share dan berlangganan newsletter dari kami. Agar kalian bisa mendapatkan update informasi terbaru dan menarik lainnya secara gratis.

Comments

Popular posts from this blog

Top Up Saldo DigiPos Via Dana Gratis Biaya Admin

Cara Daftar Chip Dompul XL Terbaru

Cara Beli Tiket ProLiga Di PLN Mobile

Cara Daftar Kartu Member Lotte Mart & Lotte Grosir Online

Subscribe Newsletter

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

About Info Kaleng Kaleng

Blog informasi seputar penggunaan aplikasi mobile yang bermanfaat untuk keperluan sehari - hari. more →