Cara Daftar Akun Zoom, Membuat Schedule Meeting Dan Join Meeting


Zoom merupakan aplikasi yang bisa kita gunakan untuk melakukan percakapan  tatap muka secara virtual, kehadiran zoom sangat membantu kita untuk melakukan pertemuan kerja, sekolah daring, atau pertemuan keluarga pada masa-masa pandemi Covid-19. Dimana kita tidak bisa melakukan pertemuan atau tatap muka secara langsung. Zoom menjadi solusi bagi kita agar tetap bisa berkomunikasi secara jarak jauh walaupun di masa-masa pandemi saat ini. Dan Sampai detik ini aplikasi Zoom masih banyak digunakan oleh sebagian besar perusahaan. salah satunya untuk melakukan rekrutmen dalam proses Interview kerja. 


Kelebihan Aplikasi Zoom dibandingkan dengan aplikasi lainnya yang serupa adalah Zoom memberikan kualitas video 
HD pada saat melakukan Panggilan Video, dan mampu melakukan panggilan Group Video hingga 100 orang Pengguna. Jadi tidak heran, Aplikasi zoom sangat direkomendasikan untuk melakukan panggilan video Tatap muka secara virtual saat ini. Selain bisa melakukan panggilan Video, Zoom bisa kita gunakan untuk melakukan berbagai layar dengan pengguna lainnya. Sehingga sangat membantu sekali, ketika melakukan rapat kerja ataupun belajar secara daring. Aplikasi Zoom benar-benar bisa kita nikmati secara gratis dan sangat mudah sekali untuk kita gunakan.

Lalu Bagaimana Cara Daftar Akun Zoom, Apakah Sulit?

Untuk melakukan registrasi akun zoom sangat mudah, dan tidak perlu melakukan verifikasi data diri menggunakan ID Card ataupun Password. Aplikasi Zoom bisa kifa download di PlayStore maupun AppStore. Dan bagi kalian yang memang belum tahu cara registrasi akun zoom, kalian bisa ikuti langkah-langkah berikut ini.

1. Cara Daftar Akun Zoom

Setelah kalian mendownload aplikasi Zoom, bisa langsung buka saja dan mulai Melakukan registrasi akun zoom.
  • Buka aplikasi Zoom
  • Lalu Klik menu Sign Up untuk melakukan Pendaftaran
  • Masukan Tanggal Lahir Kalian, alamat email dan nama kalian.
  • Dan klik tombol Sign Up.
  • Setelah itu Zoom akan mengirimkan Kode Verifikasi ke alamat email yang kita daftarkan.
  • Buka email kita dan klik "Activate  Account".
  • Selanjutnya kita akan diarahkan untuk membuat password akun Zoom, masukan nama terakhir kita dan buat Password untuk akun Zoom, lalu klik tombol "Continue".
  • Dan kalian bisa skip saja mode tutorial dan langsung klik "Go to Myaccount". Untuk menyudahi pendaftaran akun Zoom

2. Membuat Jadwal Meeting Aplikasi Zoom

Setelah kita berhasil membuat akun Zoom, maka kita sudah bisa untuk menggunakan fitur yang tersedia di aplikasi tersebut seperti join meeting ataupun membuat jadwal meeting. Sebelum kita melakukan panggilan Video menggunakan aplikasi Zoom, kita diharuskan untuk melakukan verifikasi nomor handphone milik kita agar mudah untuk melakukan undangan untuk jadwal rapat kerja, pertemuan sekolah, atau pertemuan keluarga. Berikut ini cara membuat jadwal pertemuan dan juga join dalam sebuah pertemuan di aplikasi Zoom.
  • Klik Menu Meet & Chat
  • Dan pilih Schedule untuk membuat jadwal meeting baru.
  • Selanjutnya kita akan diarahkan untuk melakukan verifikasi Nomor Handphone untuk akun Zoom kita terlebih dahulu.
  • Lalu input kode captcha untuk verifikasi keamanan, dan klik "Submit".
  • Setelah itu Zoom akan mengirimkan Kode Verifikasi melalui SMS, dan masukan kode verifikasi tersebut dan klik "Next".
  • Jika sudah melakukan Verifikasi Nomor Handphone maka kita akan mendapatkan Nomor ID Personal untuk melakukan pertemuan menggunakan Zoom.
  • Lalu kita atur Nama Pertemuan, Tanggal, Waktu dan gunakan personal ID kita sebagai pembuat acara.
  • Untuk menu scurity aktifkan Passcode, agar meeting hanya berlaku untuk yang kkta undang saja.
  • Lalu aktifkan Host Video On dan Participant Vide On dengan menggulir tombol seblah kanan.
  • Dan aktifkan Add to Calendar sebagai pengingat jadwal.
  • Jik selesai maka klik "Done".
  • Dan klik Start untuk menyimpan Schedule Meeting ke Kalender
  • Kita klik tombol Invite untuk mengundang peserta yang akan kita ajak untuk mengikuti acara pertemuan. Undangan Bisa kita kirim melalui layanan SMS dan email atau kita bisa salin link undangan untuk kita bagikan ke WhatsApp, Line, Telegram dan aplikasi sosial media lainnya.
3. Cara Join Meeting Aplikasi Zoom

Selanjutnya saya akan jelaskan cara join Meeting di aplikasi Zoom. Untuk mengikuti atau Join Meeting biasanya kita akan menerima undangan terlebih dahulu untuk melakukan pertemuan virtual menggunakan aplikasi Zoom. Biasanya kita akan diberikan kode Meeting ID, yang merupakan kode untuk kita mengikuti acara pertemuan menggunakan zoom.
  • Buka aplikasi Zoom
  • Kemudian pilih menu Meet & Chat
  • Lalu klik tombol Join
  • Jika kalian menerima undangan Pertemuan Zoom dan memiliki ID Meeting dan Pascode ( Jika Ada ), masukan Kode tersebut ke dalam kolom ID Meeting.
  • Dan klik tombol "Join"
  • Dan masukan pascode Meeting ID yang di lampirkan pada undangang pertemuan.
  • Maka secara otomatis kita akan bergabung dalam pertemuan virtual aplikasi Zoom
  • Jika kalian ingin menonaktifkan Video Maka aktifkan Turn Off My Video.

Nah, itu dia cara penggunaan aplikasi zoom yang bisa kita gunakan untuk melakukan rapat kerja, pertemuan sekolah atau pertemuan keluarga secara virtual. Dan sudah saya jelaskan sedikit tentang cara melakukan registrasi akun Zoom, membuat schedule meeting dan juga cara join meeting menggunakan aplikasi Zoom.

Akhir Kata

Semoga informasi yang saya berikan bisa bermanfaat dan mudah dipahami, jangan lupa untuk klik tombol Subscribe dihalaman blog ini. Agar tidak ketinggalan Informasi terupdate lainnya.

Post a Comment

0 Comments