Skip to main content

Tips Blogging Menggunakan Handphone Android


Artikel ini saya buat berdasarkan pengalaman pribadi saya selama memulai NgeBlog dari Pertengahan tahun 2021 hingga saat ini, sempat pakum tidak menulis artikel selama 2 bulan karena fokus pekerjaan. Namun dari awal November saya mulai lagi nulis artikel sampai saat ini masih aktif. Saya memang baru di dunia blogging, dan masih banyak yang saya belum tahu dari dunia blogging ini, terutama tentang SEO yang berfungsi untuk mengoptimalkan blog yang saya kembangkan.

Selama saya mulai blog hanya fokus membuat artikel saja, dan belum terlalu paham untuk monitize sebuah blog. Selama membuat artikel blog, saya hanya menggunakan Handphone yang saya miliki, tidak heran tulisan artikelnya banyak yang acak-acakan.hehe

Kenapa saya lebih suka nulis artikel blog menggunakan handphone? Karena alasan yang pertama praktis, lalu jika tiba-tiba dapet ide untuk nulis bisa langsung di eksekusi, selanjutnya males bawa-bawa laptop karena gak punya.hehe 

Menurut saya, dengan perkembangan Sekarang, nulis blog menggunakan Handphone sudah mudah, karena tools nya sudah banyak tersedia dalam bentuk Aplikasi Android atau iOS. Mulai dari Penyedia Blog gratisan seperti WordPress, Blogger, Webly dan lainnya kini sudah tersedia dalam bentuk Aplikasi Android, lalu untuk editing kodingnya pun sudah mudah karena ada juga versi mobile nya. Apalagi untuk editing foto untuk keperluan blog, sudah banyak tersedia Aplikasinya.

Nge Blog memang gampang-gampang sulit karena tidak semua orang suka membaca artikel yang kita buat, dan kita juga harus konsisten membuat artikel secara terus-menerus. Apalagi saat ini blog sudah mulai perlahan-lahan ditinggalkan oleh pembacanya karena sekarang mereka beralih untuk melihat konten Video di YouTube daripada membaca blog. Namun, tidak semua konten di YouTube Berkualitas sebagai pusat informasi, tentunya masih ada juga orang yang mencari referensi yang merujuk kepada artikel yang dibuat oleh para blogger. Saya selalu berusaha untuk membuat minimal 1 artikel dalam 1 hari, ya mungkin karena masih semangat nulis sih.hehe

Tingkat kesulitannya yang saya rasakan selama terjun ke dunia Blogging adalah pemilihan kata yang harus disajikan dalam sebuah artikel. Tidak harus baku, yang penting sopan dan enak untuk dibaca. Dampak dari kesulitan tersebut membuat artikel yang saya buat masih banyak yang acak-acakan untuk pemilihan kata-kata nya. Tapi menurut saya pribadi untuk membuat sebuah artikel harus berdasarkan tema yang akan dibuat dan juga pengetahuan pribadi agar tidak terlalu berantakan dan juga tidak nyambung. Antara judul dan juga isi artikel.

Blogging menggunakan handphone saat ini menjadi pilihan utama saya karena secara editing teks untuk artikel tidak terlalu berat dibandingkan editing video. Memang sekali-kali saya gunakan Laptop atau PC untuk keperluan edit penempatan Widget di blog saja, selainnya saya gunakan Handphone untuk membuat artikel. Beberapa tools untuk Blogging yang saya gunakan saat menggunakan handphone ketika membuat artikel.

Tools Yang Diperlukan Untuk Blogging Menggunakan Handphone Android

Berikut ini tools atau daftar aplikasi android yang saya gunakan untuk nulis artikel blog menggunakan handphone Android.

1. Blogger / WordPress

Untuk kedua aplikasi Android penyedia Blog  tersebut, sudah pasti harus ada jika ingin blogging Menggunakan Handphone, karena jika membuat artikel dengan aplikasi blog menurut saya lebih mudah, walaupun secara fitur Editing nya kurang lengkap, tapi jika hanya untuk membuat artikel, input gambar ke teks dan menambahkan link masih bisa sih.


Yang selanjutnya saya gunakan aplikasi Photo GridArt untuk menggabungkan beberapa foto di blog dalam 1 frame, tujuannya agar tampilan foto yang ada di blog lebih rapi, terstruktur dan enak dilihat.


Aplikasi yang satu ini menurut saya, merupakan aplikasi edit foto yang sangat lengkap fiturnya, banyak tools yang hampir mirip dengan photo editor versi Windows seperti Photoshop dan corel draw, jika hanya untuk keperluan foto untuk artikel blog saya rasa sangat cocok sekali untuk digunakan.

4. Google Berita

Aplikasi google berita saya gunakan untuk mencari referensi dalam membuat artikel yang berkaitan dengan kategori blog yang saya buat, banyak artikel blog yang saya buat berdasarkan informasi yang saya terima dari google berita. Tapi jangan copas artikel ya, kita boleh saja memiliki judul artikel yang sama dengan artikel pada portal berita, website maupun blog lainnya. Namun, secara isi artikel saya sangat berusaha sekali tidak sama dengan artikel website Lainnya.

5. Color Note

Aplikasi color note saya gunakan untuk membuat draft artikel jika tiba-tiba sedang di perjalanan Mendapatkan inspirasi untuk membuat artikel blog. Banyak draft artikel yang saya simpan di Aplikasi Color Note yang masih belum dilanjutkan artikelnya.hee Atau bisa saya gunakan untuk menyimpan koding untuk mempercantik tampilan blog.


Aplikasi ACode berfungsi untuk editing html, javascript dan CSS yang ada di blog, namun saya jarang gunakan aplikasi tersebut karena tidak terlalu paham koding. Namun sekali-kali saya gunakan untuk edit koding yang tidak perlu sih.

Nah, itu dia tools atau aplikasi android tambahan yang saya gunakan untuk membuat artikel blog selama ini. Aplikasinya sederhana sih, tapi bagi saya yang masih pemula dalam dunia blogging, aplikasi tersebut sangat membantu sekali dalam penulisan artikel yang saya buat selama ini. 

Akhir Kata

Semoga informasi yang saya berikan bisa bermanfaat dan mudah dipahami. Dan Jangan lupa klik tombol Subscribe dihalaman blog ini, Untuk Mendapatkan informasi terbaru lainnya.

Comments

Popular posts from this blog

Top Up Saldo DigiPos Via Dana Gratis Biaya Admin

Tata Cara Buka Usaha Minuman Es Teh Poci, Begini Caranya..

Cara Daftar Kartu Member Lotte Mart & Lotte Grosir Online

Cara Daftar Chip Dompul XL Terbaru

Subscribe Newsletter

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

About Info Kaleng Kaleng

Blog informasi seputar penggunaan aplikasi mobile yang bermanfaat untuk keperluan sehari - hari. more →