Kumpulan Contoh Surat Resign/Pengunduran Diri


Pada kesempatan kali ini, saya akan berbagi beberapa contoh Surat Resign/pengunduran diri, yang mungkin bisa berguna saat kalian berencana keluar dari pekerjaan saat ini.
Sebenarnya mencari pekerjaan susah ya, tapi banyak juga orang yang sudah bekerja ingin keluar dari pekerjaan, karena beberapa faktor. Faktor Pertama bisa jadi karena seseorang sudah mendapatkan pekerjaan baru yang lebih menjanjikan sehingga keluar dari pekerjaannya saat ini, kedua mungkin karena lingkungan kerja yang kurang kondusif sehingga seseorang tidak betah bekerja di perusahaan tersebut, yang terakhir mungkin karena ingin memulai usaha sendiri jadi berniat berhenti dari pekerjaannya.

Jika kalian Berencana untuk melakukan pengunduran diri di Perusahaan kamu saat ini, alangkah baiknya berkonsultasi terlebih dahulu dengan atasan kamu agar bisa mencapai kesepakatan. Karena setiap perusahaan pasti akan butuh waktu untuk menyiapkan pengganti posisi Kalian saat ini. Dan Jangan melakukan pengunduran diri secara mendadak, karena selain masalah etika, perusahaan juga tidak akan mengizinkan atau mengabulkan jika kita mengajukan pengunduran diri secara mendadak.


Kalian juga harus mempertimbangkan kontrak kerja kamu jika melakukan pengunduran diri secara sepihak apakah berdampak terhadap penalti yang akan terjadi atau memang aturan penalti tidak tersedia di dalam kontrak kerja kalian. Karena rugi juga kalau kita resign tapi harus membayar penalti sisa kontrak yang ada. Pengunduran diri yang tepat sebenarnya jika masa kontrak kerja kita sudah akan berakhir. Karena pada fase itu memang kita sedang dilanda kebimbangan antara diperpanjang kontraknya atau diberhentikan sehabis kontrak.

Secara aturan memang tidak ada yang salah jika kita ingin mengundurkan diri dari suatu perusahaan karena ingin mencari pekerjaan yang lebih baik.  Namun terkadang tantangannya adalah masalah keberanian dan juga etika pada saat akan meninggalkan suatu perusahaan.

Baca Juga :

Terkadang banyak orang-orang yang keluar dari suatu pekerjaan tanpa pamit atau langsung kabur begitu saja, tentu kondisi seperti itu sangat disayangkan, karena saat masuk suatu pekerjaan kita menekan kontrak kerja yang sebenarnya secara aturan bisa saja kita kena penalti. Kita masuk ke suatu lingkungan kerja secara baik-baik, dan keluar kerja pun harus dengan cara yang baik. Siapa tahu kalian bisa direkomendasikan ke perusahaan lain jika kita keluar dari suatu perusahaan dengan cara yang sesuai aturan. 

Nah, langsung saja tanpa berlama-lama dan panjang lebar. Berikut ini saya bagikan beberapa contoh surat resign atau pengunduran diri yang mungkin bisa berguna bagi kalian di lain waktu, jika ingin keluar dari pekerjaan saat ini.

1. Contoh Surat Pengunduran Diri Umum

Jakarta, 20 Desember 2021

Kepada Yth
Bapak / Ibu Pimpin PT. Maju Jaya
Di 
Tempat

Saya yang bertanda tangan dibawah ini :

Nama : Suhendra
NIK :  1338829993
Jabatan : FLD
Departemen : SCM
Alamat : Jl. Raya Setia Budi No. 79 Kab. Bandung -Jawa Barat

Melalui Surat ini, saya bermaksud untuk mengajukan pengunduran diri dari jabatan saya sebagai Forklift Driver di PT. Maju Jaya. Terhitung tanggal 27 Desember 2021.

Saya ucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya, kepada Seluruh jajaran PT. Maju Jaya atas ilmu dan juga bimbingannya selama ini. Dan saya mohon maaf jika selama saya bekerja di PT. Maju Jaya memiliki banyak kesalahan baik kata dan perbuatan. 

Demikian surat pengunduran diri ini, saya buat dengan penuh kesadaran dan tanpa paksaan dari pihak manapun. Atas perhatian dan pengertiannya, saya ucapkan terimakasih.


Hormat Saya

Nama Lengkap

2. Contoh Surat Pengunduran Diri Karena Mendapatkan Pekerjaan Baru

Jakarta, 20 Desember 2021

Kepada Yth
Bapak / Ibu Pimpin PT. Maju Jaya
Di 
Tempat

Saya yang bertanda tangan dibawah ini :

Nama :
NIK : 
Jabatan : 
Departemen : 
Alamat : 

Melalui Surat ini, saya bermaksud untuk mengajukan pengunduran diri dari jabatan saya sebagai <isi jabatan atau posisi> di PT. Maju Jaya. Terhitung tanggal 27 Desember 2021.

Alasan pengunduran diri yang saya ajukan adalah karena saya telah ditawari kesempatan kerja di Perusahaan Lain, dan akan mulai bekerja pada tanggal 15 Januari 2022. 

Saya mohon maaf Jika selama ini saya bekerja di PT. Maju Jaya, banyak melakukan kesalahan baik sengaja atau tidak disengaja. 

Selama bergabung dengan PT. Maju Jaya selama ini, Saya banyak sekali mendapatkan ilmu dan pengalaman belajar yang sangat berharga. Saya berhutang budi kepada semua rekan yang pernah bekerja sama dengan saya, dan saya berharap semua rekan-rekan di PT. Maju Jaya bisa sukses di masa depan. (Amin)
Atas perhatian dan pengertiannya, saya ucapkan terima kasih.


Hormat Saya

Nama Lengkap


3. Contoh Surat Pengunduran Diri Karena Masalah Keluarga Atau Pribadi

Jakarta, 20 Desember 2021

Kepada Yth
Bapak / Ibu Pimpin PT. Maju Jaya
Di 
Tempat

Saya yang bertanda tangan dibawah ini :

Nama :
NIK : 
Jabatan : 
Departemen : 
Alamat : 

Melalui Surat ini, saya bermaksud untuk mengajukan pengunduran diri dari jabatan saya sebagai <Isi Posisi atau Jabatan> di PT. Maju Jaya. Terhitung tanggal 30 Desember 2021.

Dalam lubuk hati yang paling dalam, Secara pribadi saya masih sangat ingin bergabung bersama PT. Maju Jaya. namun, keadaan pribadi di luar kendali saya sehingga mengharuskan saya untuk segera meninggalkan pekerjaan saya saat ini.  

Saya telah memberi tahu rekan kerja dan atasan langsung saya tentang niat saya untuk mengundurkan diri pada tanggal 30 Desember 2021. Dan Saya sangat menikmati waktu bekerja di sini di PT. Maju Jaya dan telah belajar banyak. Mohon maaf Jika selama saya bekerja di PT. Maju Jaya banyak melakukan kesalahan baik itu secara sengaja atau tidak disengaja.

Terima kasih kepada para jajaran PT. Maju Jaya dan lara staf telah menciptakan lingkungan kerja yang positif. Dan saya berharap PT. Maju Jaya lebih sukses di masa depan. Atas perhatian dan pengertiannya, saya ucapkan terima kasih.


Hormat Saya

Nama Lengkap

4. Contoh Surat Pengunduran Diri Karena Melanjutkan Usaha Keluarga.

Jakarta, 20 Desember 2021

Kepada Yth
Bapak / Ibu Pimpin PT. Maju Jaya
Di 
Tempat

Saya yang bertanda tangan dibawah ini :

Nama :
NIK : 
Jabatan : 
Departemen : 
Alamat : 

Melalui Surat ini, saya bermaksud untuk mengajukan pengunduran diri dari jabatan saya sebagai <Isi Posisi atau Jabatan> di PT. Maju Jaya. Terhitung tanggal 30 Desember 2021.

Sebelumnya, Saya tidak pernah berpikir, bahwa saya harus mengundurkan diri dari perusahaan PT. Maju Jaya, tetapi karena saya memiliki usaha keluarga kecil-kecilan di kampung halaman, dan saya dipercaya oleh keluarga untuk meneruskan usaha tersebut. 

Dengan berat hati saya harus mengundurkan diri dari jabatan saya di PT. Maju Jaya, suatu kesempatan yang sangat luar biasa bagi saya bisa menjadi bagian dari PT. Maju Jaya selama ini. 

Saya mohon maaf Jika selama saya bekerja di PT. Maju Jaya banyak melakukan kesalahan baik itu perbuatan yang disengaja atau tidak disengaja. Dan semoga suatu saat nanti jika ada kesempatan, saya bisa kembali menjadi bagian dari keluarga besar PT. Maju Jaya. Atas perhatian dan pengertiannya saya ucapkan terima kasih.


Hormat Saya

Nama Lengkap

Nah, itu dia beberapa contoh Surat Pengunduran Diri atau resign beserta alasannya yang bisa saya bagikan. Semoga bisa menjadi referensi untuk kalian yang akan melakukan pengunduran diri dari tempat kalian bekerja saat ini.

Akhir Kata

Semoga informasi yang saya berikan bisa bermanfaat dan mudah untuk dipahami, dan jangan lupa untuk klik tombol Subscribe dihalaman blog ini. Untuk mendapatkan informasi terbaru lainnya.

Post a Comment

0 Comments