Skip to main content

Kumpulan Contoh Surat Lamaran Kerja 2021

Contoh-contoh surat lamaran kerja


Pada kesempatan kali ini, saya akan berbagi contoh-contoh surat lamaran kerja, yang bisa kalian gunakan untuk melamar sebuah pekerjaan.

Mencari sebuah pekerjaan memang sangat sulit sekali apalagi lagi kalau skill kita pas-pasan atau kita masih belum berpengalaman sama sekali ( Fresh Graduate ). Namun Jika kita mau tetap berusaha dan tidak pilih-pilih pekerjaan sangat memungkinkan kita dapat pekerjaan secepat mungkin.

Jika kita lihat di situs atau aplikasi pencarian kerja, sebenarnya banyak sekali lowongan pekerjaan yang ada sekarang. Namun balik lagi faktor keberuntungan dan juga orang dalam lah yang sebenarnya mempengaruhi kita bisa lolos seleksi atau tidak untuk mendapatkan pekerjaan tersebut..hehe

Setiap perusahaan yang membuka lowongan pekerjaan, Biasanya akan mencari kandidat sebanyak mungkin agar proses seleksi bisa dilaksanakan. Karena dengan banyaknya kandidat pelamar kerja maka pilihan untuk menempati posisi tersebut banyak dan perusahaan akan mendapatkan orang yang bisa dipercayai untuk menempati posisi tersebut dalam tahapan seleksi.


Setiap kali kita mengirim surat lamaran pekerjaan ke suatu perusahaan, maka hal yang pertama kali yang akan mereka lihat adalah kualitas surat lamaran kerja dan CV ( Curiculum Vitae ) yang kita kirim, karena biasanya mereka akan melihat kesesuaian antara lowongan kerja yang mereka buka dengan surat lamaran kerja yang kita tujukan. Kualitas surat lamaran kerja memang tidak selalu menjadi patokan kita bisa diterima, namun kualitas surat lamaran yang baik sedikit banyaknya akan mempengaruhi kita untuk mendapatkan panggilan untuk proses selanjutnya.

Beberapa Ciri - Ciri Surat Lamaran Kerja Yang Berkualitas

A. Menggunakan Kata Baku dan Sopan.
B. Rapih dan tidak banyak coretan
C. Sesuai dengan pekerjaan yang dilamar
D. Memberikan daya tarik bagi perusahaan
E. Tidak berandai-andai, dan menggunakan kalimat tidak sopan.

Nah, berikut ini saya, akan bagikan beberapa contoh surat lamaran pekerjaan dengan berbagai jenis posisi pekerjana yang akan kita lamar.

1. Contoh Surat Lamaran Kerja Umum


                           Jakarta, 1 Desember 2021.

Kepada Yth.
Bapak/Ibu Pimpinan PT. Maju Bersama
Di
Bekasi


Dengan hormat,
Saya yang bertandatangan dibawah ini:
Nama.                             :
Tempat, Tanggal Lahir. :
Jenis Kelamin.               :
Pendidikan Terakhir.      :
No. Telepon.                   :
Agama.                           :
Alamat.                           :

Dengan ini mengajukan permohonan kerja untuk menempati posisi sebagai <Posisi XXX> di perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin, sebagai bahan pertimbangan berikut Saya lampirkan:
1. Fotokopi KTP
2. Pasfoto 3X4
3. Fotokopi Ijasah Terakhir
4. Fotokopi Trankrip Nilai
5. Fotokopi SKCK
6. Daftar Riwayat Hidup (CV)
Demikianlah surat lamaran ini saya buat, besar harapan saya agar dapat bergabung dengan
perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin. Atas perhatiannya saya ucapkan terimakasih.


Hormat Saya,

(Nama Lengkap)


2. Contoh Surat Lamaran Kerja Umum 2 ( Non Pengalaman )

                            Jakarta, 1 Desember 2021

Kepada Yth.
Bapak/Ibu Pimpinan PT. Maju Bersama
Di
Tanggerang

Dengan hormat,
Berdasarkan Kompas yang saya baca, menerangkan bahwa perusahaan Bapak/Ibu sedang membutuhkan karyawan untuk mengisi posisi sebagai Operator. Berikut ini adalah data pribadi saya:

Nama :
Tempat, Tanggal Lahir. :
Jenis Kelamin :
Pendidikan Terakhir. :
No. Telepon :
Agama. :
Alamat :

Meskipun saya belum memiliki pengalaman kerja, tetapi saya yakin dengan usaha dansemangat yang saya miki Saya mampu menjalankan pekerjaan dengan baik.

Demikianlah surat lamaran ini saya buat, besar harapan saya agar dapat bergabung dengan
perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin. Atas perhatiannya saya ucapkan terimakasih.

Hormat Saya,

( Nama Lengkap )


3. Contoh Surat Lamaran Kerja Umum 3 ( Berpengalaman )

                            Jakarta, 1 Desember 2021

Kepada Yth.
Bapak/Ibu Pimpinan PT. Maju Bersama
Di
Bandung

Dengan hormat,
Berdasarkan Pikiran Rakyat yang saya baca, menerangkan bahwa PT. Maju Bersama sedang membutuhkan karyawan untuk mengisi posisi sebagai Mekanik Alat Berat. Berikut ini adalah data pribadi saya:

Nama :
Tempat, Tanggal Lahir :
Jenis Kelamin :
Pendidikan Terakhir :
No. Telepon :
Agama :
Alamat :

Saya yakin dan percaya bahwa Saya dapat mengemban pekerjaan ini dengan baik, karena saya
memiliki pengalaman di bidang ini selama 2 tahun. Selain itu Saya merupakan pekerja keras,
dan menyukai hal-hal baru untuk mengembangkan diri, serta saya juga dapat bekerja secara
tim maupun individu.
Demikianlah surat lamaran ini saya buat, besar harapan saya agar dapat bergabung dengan
perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin. Atas perhatiannya saya ucapkan terimakasih.

Hormat Saya,

( nama Lengkap ).


4. Contoh Surat Lamaran Kerja Tenaga Mekanik

                            Jakarta, 2 Desember 2021

Kepada Yth.
Bapak/Ibu Pimpinan Benkel Abadi Jaya
Di
Bandung

Dengan hormat,
Saya yang bertandatangan dibawah ini:

Nama :
Tempat, Tanggal Lahir :
Jenis Kelamin :
Pendidikan Terakhir :
No. Telepon :
Agama :
Alamat :

Dengan ini mengajukan permohonan kerja untuk menempati posisi sebaga Mekanik
Mobil/Motor di BENGKEL XXX yang Bapak/Ibu pimpin, sebagai bahan pertimbangan
berikut Saya lampirkan:

1. Fotokopi KTP
2. Pasfoto 3X4
3. Fotokopi Ijasah Terakhir
4. Fotokopi Trankrip Nilai
5. Fotokopi SKCK
6. Daftar Riwayat Hidup (CV)

Demikianlah surat lamaran ini saya buat, besar harapan saya agar dapat bergabung dengan
BENGKEL XXX yang Bapak/Ibu pimpin. Atas perhatiannya saya ucapkan terimakasih.


Hormat Saya,
Nama Lengkap


5. Contoh Surat Lamaran Kerja Bagian Adminstrasi

                Jakarta, 2 Desember 2021

Kepada Yth.
Bapak/Ibu Pimpinan PT. ABCD
Di
Karawang

Dengan hormat,
Sesuai dengan informasi adanya lowongan pekerjaan di <PT XXX> pada posisi sebagai Staff Administrasi, maka saya yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama :
Tempat, Tanggal Lahir :
Jenis Kelamin :
Pendidikan Terakhir :
No. Telepon :
Agama :
Alamat :

Bermaksud untuk melamar pekerjaan pada posisi tersebut. Saya mempunyai kondisi kesehatan yang baik dan mampu mengoperasikan beberapa komputer dengan baik, khususnya Microsoft Office Word, Excel, Power Point dan beberapa software perkantoran lainnya.

Sebagai bahan pertimbangan, berikut saya lampirkan beberapa dokumen yang saya miliki:

1. Fotokopi KTP
2. Pasfoto 3X4
3. Fotokopi Ijasah Terakhir
4. Fotokopi Trankrip Nilai
5. Fotokopi SKCK
6. Daftar Riwayat Hidup (CV)

Demikian surat permohonan kerja ini saya sampaikan, atas perhatian dan pertimbangan
Bapak/Ibu saya ucapkan terima kasih.

Hormat Saya,
( Nama Lengkap )


6. Contoh Surat Lamaran Kerja Umum Bahasa Inggris

Jakarta, December 2nd 2021

Head of Human Resource Division.
PT. ABCD
Jakarta

Dear Sir/Madam,
I would like to apply for the post of Eglish Teacher which you have advertised in Kompas.
I believe I meet all the requirements listed in your advertisement. I am a recent college graduate with previous part time experience as teacher. I have always had passion and enthusiasm to work in education field. I have valid teaching certilicate/license from reputable institution. I love to teach and I like children very much. I am hardworking, have good communication and interpersonal skills, patience and fast learner

For your further consideration, I have a bachelor degree in Accounting from Gadjah Mada University and Akta IV license from Yogyakarta State University. I have good command of English as well as computer and Internet. I have good interpersonal skill. I am hardworking, able to work well under pressure, creative, pleasant and convenient in dealing with people. Thank you very much for your attention. I’m looking forward to hearing from you soon


Sincerely,
( Nama Lengkap )

7. Surat Lamaran Kerja Umum Berpengalaman Finance Officer

                         Jakarta, 2 Desember 2021

Kepada Yth.
Bapak/Ibu Pimpinan PT. ABCD
Di
Surabaya

Dengan hormat,
Berdasarkan informasi yang saya dapat dari iklan lowongan pekerjaan yang tercantum pada Kompas, Saya bermaksud melamar pekerjaan dan ingin bergabung dengan perusahaan Bapak/Ibu di bagian Finance Officer. Sebelumnya saya telah berpengalaman selama dua tahun bekerja pada bidang tersebut. Berikut biodata singkat yang dapat saya cantumkan :

Nama :
Tempat, Tanggal Lahir :
Jenis Kelamin :
Pendidikan Terakhir :
No. Telepon :
Agama :
Alamat :

Saat ini saya sedang dalam kondisi sehat dan tidak memiliki riwayat penyakit apa pun. Untuk melengkapi berkas yang diminta, berikut ini saya lampirkan berkas tambahan sebagai persyaratan yang terdiri dari:

1. Fotokopi KTP
2. Pasfoto 3X4
3. Fotokopi Ijasah Terakhir
4. Fotokopi Trankrip Nilai
5. Fotokopi SKCK
6. Daftar Riwayat Hidup (CV)

Demikian surat lamaran pekerjaan yang saya buat, sangat besar harapan saya agar Bapak/Ibu dapat mempertimbangkan saya sebagai bagian dari perusahaan Bapak/Ibu dan ikut menyumbangkan kemampuan saya di perusahaan. Atas perhatian dan waktu Bapak/Ibu, saya ucapkan banyak terima kasih.

Hormat Saya,
(Nama Lengkap)

Sumber : Aplikasi Lamaranku


Nah, itu dia beberapa contoh Surat Lamaran Kerja, yang bisa kalian gunakan untuk mencari lowongan pekerjaan sesuai dengan bidang kalian miliki. Kalian bisa juga membuat surat lamaran pekerjaan menggunakan aplikasi android di aplikasi Lamaranku. Untuk tata cara pembuatannya, kalian bisa baca postingan saya sebelumnya dibawah ini.



Akhir Kata

Demikian informasi yang bisa saya sampaikan, semoga bisa bermanfaat dan mudah dipahami. Dan jangan lupa untuk klik tombol Subscribe dihalaman blog ini. Untuk mendapatkan informasi terbaru lainnya.

Comments

Popular posts from this blog

Top Up Saldo DigiPos Via Dana Gratis Biaya Admin

Tata Cara Buka Usaha Minuman Es Teh Poci, Begini Caranya..

Cara Daftar Kartu Member Lotte Mart & Lotte Grosir Online

Cara Daftar Chip Dompul XL Terbaru

Subscribe Newsletter

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

About Info Kaleng Kaleng

Blog informasi seputar penggunaan aplikasi mobile yang bermanfaat untuk keperluan sehari - hari. more →